19 June 2019

Kemenag Bakal Atur Tema Khutbah Keagamaan Nasional

Konfrontasi – Gebrakan baru segera dilakukan Kementerian Agama era Presiden Joko Widodo. Kemenag berencana membuat undang-undang tentang izin tempat ibadah dan materi khutbah agama di sarana publik.

Materi rancangan undang-undang (RUU) Perlindungan Umat Beragama (PUB) menjadi fokus Kemenag. UU tersebut diharapkan menjadi payung kehidupan beragama untuk mengurus pengaturan izin rumah ibadah dan materi dakwah dalam ruang publik. Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kementerian Agama, Mubarok menjamin RUU Kerukunan Umat Beragama tetap dipertahankan dan ditambah dua isu terkait izin tempat ibadah dan khutbah.

"Terdapat pasal tambahan yang dimasukan. Masih terbuka proses diskusi terkait pasal yang perlu diatur dalam RUU PUB ini," ujar Mubarok.

Kemenag berjanji melibatkan berbagai unsur lembaga masyarakat seperti tokoh agama dan penggiat kerukunan dan pemerhati isu Hak Azazi Manusia (HAM). RUU PUB juga membahas aspek kepercayaan yang selalu diperdebatkan dalam program e-KTP. Ketua Harian SETARA Institute, Hendardi menilai konsep kerukunan sangat tepat bagi budaya Indonesia. Dia mengingatkan pemerintah perlu aktif dalam mewujudkan perlindungan demi menjaga kerukunan beragama.

"Ada gagasan khotbah itu lebih menyejukkan. Tidak mengeluarkan materi yang memancing amarah dan lainnya. Perlindungan itu harus benar memberikan ruang bagi pemeluk agama melaksanakan ibadah. Tidak lagi dibatasi." harapnya.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...