25 February 2020

Kehidupan Politik di Indonesia Menerapkan Demokrasi Liberal

Konfrontasi - Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-IV memasuki sesi rapat pleno pertama, yang membahas penguatan peran politik umat Islam Indonesia. Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin, menjelaskan, kongres kali ini merupakan rangkaian pembicaraan untuk mengevaluasi secara kritis internal dan eksternal umat Islam.

"Evaluasi kritis ke luar dan ke dalam. Ke luar, maksudnya (mengkritisi) ke negara ini. Sebab, umat Islam berjasa besar melahirkan Indonesia," ujar Din di Yogyakarta, Senin (9/2).

Din melanjutkan, memasuki era Orde Baru, ada semacam upaya untuk menghapus jejak sejarah jasa umat Islam memerdekakan Indonesia. Karena itu, perlu ditegaskan kembali, apa yang dihasilkan negara, khususnya Pancasila,"Itu Islami betul. Tapi terjadi penyimpangan dan penyelewengan dari cita-cita nasional kini, seperti dalam Pembukaan UUD 1945," ujar Din.

Menurut Din, kehidupan politik di Indonesia menerapkan demokrasi liberal dengan ajaran yang paling liberal. Di Indonesia, lanjut Din, misalnya seperti dipaksa pemilihan umum langsung kepala daerah.  "Padahal, di negara Barat, tidak sampai begitu," pungkasnya. (rol/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...