20 August 2019

Jika Belum Mampu Bersedekah, Apa yang Sebaiknya Dilakukan Seorang Muslim?

KONFRONTASI-Bagi yang memiliki harta tentu dapat bersedekah dengan harta yang dimilikinya tersebut. Lalu bagaimana bagi yang tidak berharta?

Pada suatu hari seorang sahabat menemui Rasulullah SAW dan bertanya, ”Wahai Rasulullah, pekerjaan apakah yang sangat terpuji bagi setiap Muslim?”.

Kemudian Rasulullah menjawab, “Wahai sahabatku, pekerjaan yang paling terpuji bagi umatku adalah bersedekah”.

Sahabat tersebut kembali bertanya, “Apa yang dilakukan seorang Muslim jika belum mampu bersedekah?”.

Sambil menatap wajah sahabatnya itu, Rasulullah menjawab, “Hendaklah ia bekerja sehingga bermanfaat bagi dirinya sendiri, kemudian dia bisa bersedekah”.

Dengan rasa penasaran, sahabat itu kembali bertanya, “Apa yang mesti dilakukan ketika dia tidak bekerja?”,
Rasulullah pun kembali menjawab, “Mengajak orang lain berbuat baik dan membimbing menuju jalan yang benar serta lurus”.

Sekali lagi sahabat itu bertanya, “Andaikata orang itu belum bisa mengajak orang lain untuk melakukan hal yang baik karena sesuatu hal, apa yang harus diperbuat?”.

Rasulullah menjawab, “Ia harus menahan diri dari perbuatan buruk karena hal itu juga termasuk sedekah.

Kisah tersebut menunjukkan betapa Rasulullah SAW sangat menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak bersedekah dalam segala situasi.

Sedekah walaupun kecil nilainya tetapi amat berharga di sisi Allah SWT.

Sebaliknya, orang bakhil dan kikir yang jarang bersedekah akan merugi di dunia dan akhirat karena tidak ada keberkahan.

Sedekah memiliki beberapa keutamaan bagi orang yang mengamalkannya. Pertama, mengundang datangnya rezeki. Allah SWT berfirman dalam Surah Al Baqarah Ayat 261: “Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”.

Kedua, bersedekah dapat menolak bala. Rasulullah SAW pernah bersabda, “'Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah bisa mendahului sedekah”.

Ketiga, bersedekah dapat menyembuhkan penyakit. Rasulullah SAW menganjurkan, “'Obatilah penyakitmu dengan sedekah”.

Keempat, bersedekah dapat menunda kematian dan memperpanjang umur, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “'Perbanyaklah sedekah sebab sedekah bisa memanjangkan umur”.

Allah SWT mencintai orang-orang yang menyisihkan harta kekayaannya di jalan-Nya. Sesungguhnya sedekah itu membawa keberkahan dan kekayaan itu tidak akan membawa arti tanpa ada keberkahan.

Dengan keberkahan, harta dan rezeki yang sedikit akan terasa mencukupi. Sebaliknya, tanpa keberkahan, rezeki yang banyak akan terasa sedikit, bahkan menyusahkan.
Semoga di bulan suci Ramadhan ini, Allah SWT membuka pintu hati kita untuk memperbanyak bersedekah dengan penuh keikhlasan.[mr/ant]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...