24 April 2018

Begini Ahlak Para Sahabat Rasulullah SAW, Sebut Syekh Yusri

KONFRONTASI -  Syekh Yusri hafidzahullah Ta’ala wa ro’ah dalam pengajian Shahih Bukharinya menjelaskan, bahwa wara’ adalah merupakan akhlak para sahabat, sebagaimana mereka mendapatkannya dari tarbiyah baginda Nabi SAW.

Dalam sesuatu hal yang masih kita ragukan, hendaklah janganlah kita ambil keputusan hingga kita benar-benar tahu ilmunya.

Syekh Yusri menambahkan, begitu juga dengan makanan, jangan sampai kita memasukkan sesuatu kedalam diri dan keluarga kita, kecuali hal yang memang benar-benar kita tahu kehalalannya seratus persen. Ini adalah merupakan ibadah yang sangat penting bagi seorang murid yang ingin wushul (sampai kepada Allah Ta’ala).

Taharri al halal (memperhatikan perkara yang halal) adalah merupakan tarbiyah pertama dan utama seorang mukmin kepada diri, istri dan anak-anaknya. Karena sesungguhnya, perkara yang halal itu akan membuahkan ketaatan, adapun perkara yang haram ataupun syubhat akan membuahkan kemaksiatan.

Maka bisa kita jadikan sebagai bahan intropeksi diri, ketika kita melemah dan vakum dalam hal ketaatan, maka hendaklah kita koreksi diri, sesuatu apakah yang telah masuk ke dalam tubuh kita, sehingga kita perlu menjaganya.(Juft/Aktual)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



Loading...