19 October 2019

Turki-Rusia Jamin Gencatan Senjata di Suriah

KONFRONTASI-Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menyatakan, pihaknya dan Rusia siap menjadi penjamin gencatan senjata di seluruh Suriah. Turki dan Rusia dikabarkan sudah mencapai kesepakatan mengenai hal ini.

"Ankara berusaha untuk menciptakan sebuah gencatan senjata yang komprehensif di Suriah sebelum akhir tahun. Kami siap untuk bekerja dengan Rusia untuk bertindak sebagai penjamin gencatan senjata," kata Cavusoglu.

"Semua kelompok bersenjata asing, termasuk gerakan Hizbullah, harus meninggalkan Suriah," sambungnya dalam sebuah wawancara dengan media setempat, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (29/12).

Kemarin, media Turki Anadolu, yang mengutip sejumlah sumber di Turki, mengatakan kedua negara telah mencapai konsensus yang akan disajikan kepada pihak-pihak yang berkonflik di Suriah. Mereka juga akan memperluas kesepakatan gencatan senjata yang diberlakukan di Aleppo awal bulan ini.

Namun, Rusia enggan berkomentar mengenai laporan ini. "Saya tidak bisa menjawab pertanyaan itu sekarang. Saya tidak memiliki informasi yang cukup," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

"Kami selalu berhubungan dengan rekan-rekan Turki kami untuk membahas berbagai rincian tentang pembicaraan kemungkinan yang direncanakan untuk Astana. Ini semua dilakukan untuk mencari resolusi politik untuk Suriah," katanya, mengacu pada pembicaraan damai Suriah yang diatur Rusia di Kazakhstan. [mr/tar]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...