21 May 2019

Terbukti Melakukan Pelecehan, Pastor AS Dipecat

Konfrontasi - Seorang mantan kardinal Katolik Roma telah dipecat menyusul kasus pelecehan seksual. Theodore McCarrick adalah tokoh Katolik paling senior yang diberhentikan dari kependetaan di zaman modern.

Pejabat Gereja AS mengatakan, tuduhan bahwa dia telah melakukan pelecehan seksual terhadap seorang remaja pada lima puluh tahun lalu adalah hal yang dapat dipercaya.

Seperti dilansir BBC, McCarrick (88 tahun) sebelumnya mengundurkan diri, tetapi ia mengaku tidak ingat tentang dugaan pelecehan itu.

Kasus dugaan pelecehan mungkin sudah terlalu lama untuk diajukan ke pengadilan karena undang-undang AS tak memungkinkan. McCarrick adalah uskup agung Washington DC dari tahun 2001 hingga 2006.

Sejak pengunduran dirinya tahun lalu dari College of Cardinals, McCarrick telah hidup dalam pengasingan di sebuah biara di Kansas. Dia adalah orang pertama yang mengundurkan diri sebagai kardinal sejak 1927.

Dia adalah satu di antara ratusan anggota klerus yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak selama beberapa dekade. Pemberhentiannya terjadi beberapa hari sebelum Vatikan menyelenggarakan pertemuan puncak tentang pencegahan pelecehan anak.

Vatikan mengatakan Paus Francis telah memutuskan pengusiran McCarrick dari pendeta sebagai sesuatu yang pasti. Tidak ada banding untuk keputusan itu.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...