22 January 2020

Startup Israel Ciptakan Teknologi Kendaraan yang Bisa Memperbaiki Sendiri

Konfrontasi - Perusahaan rintisan (startup) Israel, Aurora Labs menciptakan teknologi kendaraan inovatif, self-healing car, yang bisa memperbaiki sendiri. Seperti apa teknologi ini?

Dilansir dari Carscoops, Minggu (22/12/2019), meningkatnya mobil listrik, otonom, dan terhubung, jumlah kendaraan penumpang yang tersedia dengan pembaruan over-the-air terus tumbuh. Aurora Labs mengambil langkah lebih maju dengan mengembangkan sistem yang mampu mendeteksi dan memperbaiki fungsi kendaraan dan memperbarui mobil dari jarak jauh tanpa downtime.

Teknologi Line-of-Code Behavior yang digunakan Aurora Labs menggunakan pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), serta menciptakan pemahaman mendalam tentang perangkat lunak yang diinstal di lebih 100 ECU kendaraan.

Jika sistem mendeteksi kesalahan atau masalah yang akan terjadi, pembaruan over-the-air dapat menginstal secara otomatis atau perbaikan jangka pendek dapat diterapkan untuk memastikan kendaraan tetap beroperasi, mengurangi kebutuhan penarikan (recall) besar.

(Foto: Carscoops)

(Foto: Carscoops)

The Jerusalem Post melaporkan Aurora Labs telah mengumpulkan dana 11,5 juta dolar AS sejak didirikan pada 2016. Mereka bekerja sama dengan sejumlah produsen mobil besar dari Jerman, AS, Jepang, dan Korea, untuk mengimplementasikan teknologi buatannya.

"Tubuh manusia dapat mendeteksi ketika ada sesuatu yang tidak beres sebelum Anda pingsan," ujar Wakil Presiden Eksekutif Pemasaran Aurora Labs Roger Ordman.

Dia menerangkan, sistem auto-immune menunjukkan bila ada sesuatu yang salah dan apa yang dapat dilakukan memperbaikinya dengan naikkan suhu tubuh atau jumlah sel darah putih. Terkadang tubuh dapat melakukan perbaikan sendiri, dan kadang-kadang tidak cukup sehingga membutuhkan intervensi dari luar.

"Teknologi kami memiliki pendekatan yang sama - mendeteksi jika ada yang tidak beres sebelum menyebabkan kegagalan besar. Teknologi ini menunjukkan dengan tepat di mana masalah itu, melakukan sesuatu untuk memperbaikinya, dan menjaga agar tetap berjalan lancar," kata Ordman. (inws/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...