19 January 2020

Solusi Penyelesaian Konflik Israel-Palestina Mustahil Tercapai

Konfrontasi - Solusi dua negara bagi penyelesaian abadi konflik antara Israel dan Palestina akan mustahil tercapai selama Israel masih dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, kata Presiden Palestina Mahmud Abbas, Kamis (19/3).

"Pernyataan Netanyahu mengenai ketidaksetujuannya terhadap solusi dua negara dan menentang keberadaan negara Palestina adalah bukti terhadap ketidakseriusan pemerintah Israel mengenai solusi politik yang akan berakhir pada pendirian dua negara," kata dia satu hari setelah partai pendukung Netanyahu memenangi pemilihan umum.

Sebelumnya pada masa kampanye menjelang pemungutan suara, Netanyahu berupaya menggalang dukungan kelompok ekstrem kanan dengan mengatakan bahwa dia tidak akan membiarkan Palestina mendirikan negara merdeka.

Selain itu, Netanyahu juga menjanjikan pembangunan ribuan rumah baru bagi warga Yahudi di atas tanah hasil rampasan di Yerusalem Timur.

Menanggapi hal tersebut, Abbas mengatakan bahwa rakyat Palestina akan secara sepihak terus "berupaya memperoleh pengakuan internasional" sebagai negara merdeka melalui badan-badan internasional seperti PBB.

"Ini adalah hak kami untuk pergi ke bagian dunia manapun demi memperoleh pengakuan internasional," kata dia.

Pemimpin Palestina itu juga menunjuk pada kemungkinan bergabungnya tokoh Avigdor Lieberman dalam pemerintahan baru yang akan dibentuk Netanyahu. Lieberman adalah pemimpin partai ultranasionalis Habayit Hayehudi, yang selama masa kampanye menyerukan penyingkiran terhadap warga Palestina dan bangsa Israel berkewarganegaraan Israel.

Abbas mengatakan bahwa Lieberman telah menyatakan "seruan rasis untuk membunuh kelompok Arab-Israel." Tuduhan Abbas bukan tanpa dasar, pada bulan lalu muncul laporan media, yang menyebut perkataan Lieberman bahwa semua penduduk Arab-Israel yang tidak setia terhadap negara Yahudi harus dipenggal kepalanya.(rol/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...