17 October 2019

Situasi Tak Stabil, Jerman Hentikan Ekspor Senjata Ke Saudi

Konfrontasi - Pemerintah Jerman memutuskan untuk menghentikan ekspor senjatanya ke Arab Saudi karena menilai "situasi di kawasan itu tidak stabil," kata surat kabar Bild, Ahad (25/1). Beberapa pesanan senjata dari Arab Saudi telah ditolak atau ditangguhkan untuk pertimbangan lebih jauh, kata surat kabar itu.

Keputusan itu ditetapkan Rabu (21/1) oleh dewan keamanan nasional, yang juga dihadiri satu lembaga pemerintah termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel, Wakil Kanselir Sigmar Gabriel dan tujuh menteri lainnya, katanya.

"Menuurut sumber-sumber pemerintah, situasi di kawasan itu sangat tidak stabil untuk mengirim senjata ke sana," tambah surat kabar itu.

Saking pentingnya kedudukan negara itu terlihat jelas ketika para pemimpin berkumpul di Riyadh untuk menyampaikan belangsungkawa setelah wafatnya Raja Abdullah, termasuk perdana menteri Inggris dan presiden Prancis.

Kerajaan Arab Saudi adalah salah satu dari para pelanggan paling penting dari industri senjata-senjata Jerman dengan senjata-senjata yang dikirim ke negara itu seharga 400 juta dolar AS tahun 2013, kata Bild. (akt)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...