17 October 2019

Semakin Meruncing Hubungan AS-Iran: Serdadu AS Ditambah ke Timteng

KONFRONTASI -  Militer AS akan mengirim 1.000 serdadu tambahan ke Timur Tengah di tengah ketegangan dengan Iran meningkat. Demikian laporan BBC, Selasa (18/6/2019).

Pelaksana Tugas Menteri Pertahanan AS, Patrick Shanahan, mengatakan pengerahan pasukan dilakukan guna menanggapi "perilaku bermusuhan" pasukan Iran.

Pengerahan pasukan AS ke Timur Tengah diumumkan Shanahan, pada Senin (17/6/2019) waktu setempat.

Dalam pernyataannya, Shanahan mengatakan "Amerika Serikat tidak menghendaki konflik dengan Iran" namun tindakan harus diambil untuk "menjamin keamanan dan kesejahteraan personel militer kami yang bekerja di seantero kawasan untuk melindungi kepentingan-kepentingan nasional kami".

"Serangan-serangan Iran terkini memvalidasi laporan intelijen terpercaya dan kredibel yang kami terima mengenai perilaku bermusuhan pasukan Iran dan kelompok-kelompok proksi mereka yang mengancam personel dan kepentingan Amerika Serikat di seluruh kawasan."

Disebutkan Shanahan, militer akan terus memantau situasi dan membuat penyesuaian pada jumlah pasukan.

Tiada rincian tentang ke mana tepatnya pasukan tambahan AS itu akan ditempatkan.

Pengumuman penambahan pasukan itu akan memperkuat 1.500 serdadu tambahan yang diumumkan Presiden AS Donald Trump sebulan lalu.

Angkatan Laut AS juga merilis foto-foto baru yang mereka sebut keterkaitan Iran dengan rangkaian serangan terhadap sejumlah kapal tanker di Teluk Oman.(Jft/inilah)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...