25 June 2019

Rusia Isyaratkan Bakal Balas Uni Eropa atas Sanksi Terhadap Empat Intelnya

KONFRONTASI-Rusia menyiratkan tindakan kebijakan membalas Uni Eropa yang menjatuhkan sanksi terhadap pejabat senior di badan intelijen Rusia, GRU.

Dikutip dari laman CNN Amerika Serikat, Uni Eropa mengumumkan pada Senin kemarin bahwa sanksi yang diberikan menargetkan empat orang intelijen atau intel Rusia karena dianggap terlibat dalam penyerangan terhadap mantan agen ganda Rusia, Sergei Skripal dan putrinya, Yulia di Salisbury, Inggris.

Pemerintah Rusia lantas merasa bahwa pemberian sanksi kepada warga negaranya yakni berupa sanksi dilarang masuk Uni Eropa hingga pembekuan aset adalah langkah yang tak elok yang diambil Uni Eropa.

"Kami menyiapkan dan punya hak untuk membalas perlakuan yang tak menyenangkan ini," dirilis Kementerian Luar Negeri Rusia kemarin.

Dua tersangka merupakan pegawai elite di badan intelijen GRU yakni Alexander Petrov dan Ruslan Boshirov. Keduanya dituduh otoritas Inggris membawa senjata yang digunakan untuk menyerang Skripal yaitu berupa racun saraf, novichok yang selama ini selalu mereka bantah.

Uni Eropa juga memberikan sanksi kepada Kepala GRU, Igor Olegovich dan wakilnya, Vladimir Stepanovich Alexseyev. (mr/viv]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...