7 April 2020

Resmi 'Cerai' dengan Uni Eropa, Obama Bakal Bicara ke Cameron

Konfrontasi - Rakyat Inggris sudah berkehendak lewat referendum, untuk bercerai dari Uni Eropa. Hasil referendum sudah final dan 52 persen suara rakyat di Negeri Ratu Elizabeth II itu menginginkan Inggris tak lagi bernaung bersama Uni Eropa.

Atas hasil ini, sekutu terdekat Inggris – Amerika Serikat (AS) pun turut merespons. Pihak Gedung Putih menyatakan, Presiden AS, Barack Obama akan mengagendakan pembicaraan dengan Perdana Menteri (PM) Inggris, David Cameron.

“Kami mengharapkan Presiden (Obama) akan mencari kesempatan untuk berbicara dengan Perdana Menteri Cameron terkait hal ini dalam waktu dekat dan kami akan merilis pernyataan lanjutan sesegera mungkin,” tulis pernyataan Gedung Putih, dikutip USA Today, Jumat (24/6/2016).

Di sisi lain, sedianya PM Cameron dalam pernyataannya sudah menyatakan akan mundur dari jabatannya, setelah kampanyenya agar Inggris bertahan di Uni Eropa berakhir kandas.

“Rakyat Inggris sudah membuat keputusan yang sangat jelas untuk mengambil jalan yang berbeda dan saya rasa negeri ini membutuhkan kepemimpinan yang baru untuk mengantarkan ke arah ini (keluar Uni Eropa),” cetus Cameron.

“Inggris sudah mesti punya Perdana Menteri baru yang disahkan pada Konferensi Partai Konservatif (pada Oktober mendatang),” lanjutnya, dilansir TIME. (oke/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...