21 February 2020

Redam Guncangan Brexit, Menlu AS Kunjungi Brussel

KONFRONTASI-Keputusan rakyat keluar dari Uni Eropa telah memicu kecemasan. Amerika Serikat (AS) pun mengirim Menteri Luar Negeri John Kerry untuk menemui Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini di Brussel dan Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond di London, Senin (27/6), kata kementerian luar negeri AS.

Kunjungan tersebut dilakukan setelah pejabat Uni Eropa dan Inggris cemas akan keruntuhan perpolitikan dan perekonomian akibat terguncang oleh hasil penentuan pendapat rakyat di Inggris pada Jumat, yang mendukung negara itu keluar dari kelompok beranggotakan 28 negara tersebut.

Pejabat tinggi kementerian luar negeri AS menyatakan bahwa Kerry akan menekankan kepentingan sejumlah anggota lain Uni Eropa tidak mengikuti langkah Inggris dan pelemahan Uni Eropa.

Presiden AS Barack Obama mendesak pemilih di Inggris, yang memiliki hak memberikan suara pada penentua pendapat rakyat itu –yang sejak lama dilihatnya sebagai sekutu utama di Eropa– tidak menyetujui Inggris keluar dari Uni Eropa atau “Brexit”.[mr/akt]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...