14 October 2019

Rebut Fallujah dari ISIS, Irak Lancarkan Operasi Militer Besar-besaran

KONFRONTASI-Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi, mengumumkan operasi militer besar-besaran untuk merebut kembali kota Fallujah dari kelompok yang menamakan diri Negara Islam (ISIS).

"Jam nol-nol untuk pembebasan Fallujah telah tiba. Momen kemenangan besar sudah dekat," katanya sambil menambahkan bahwa ISIS "tidak punya pilihan kecuali melarikan diri".

Militer Irak telah memperingatkan warga sipil untuk meninggalkan kota itu.

Fallujah adalah kota pertama yang jatuh ke ISIS pada tahun 2014 dan merupakan salah satu dari dua kubu ISIS yang tersisa di Irak.

Militer Irak mengatakan melalui televisi pemerintah bahwa mereka yang tidak bisa melarikan diri harus mengibarkan bendera putih di atas rumah mereka.

Militer, polisi dan relawan milisi dilaporkan sudah sepenuhnya mengepung kota yang terletak sekitar 65 km barat Baghdad itu.

Situs berita pro-Kurdi yang berbasis di Baghdad, Shafaq, mengatakan pada hari Minggu (22/05) bahwa hampir 20.000 tentara tiba di pinggiran Fallujah menjelang serangan itu.

Sekitar 60.000 hingga 90.000 warga sipil masih berada di Fallujah, sebagian adalah anggota keluarga dari para serdadu ISIS.

Milisi ISIS melancarkan ofensif penyisiran bulan Juni 2014 merebut wilayah besar di utara dan barat Baghdad. Namun pasukan pemerintah Irak sudah mulai mengusir mereka, dengan bantuan serangan udara AS.

Militer Irak sudah merebut kembali kota Ramadi dari ISIS, Desember lalu.[mr/bbc]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...