16 October 2019

Pidato Tahun Baru Merkel Sudutkan Aksi Rusia

Konfrontasi - Pidato Tahun Baru yang disampaikan Kanselir Jerman Angela Merkel berkesan provokatif. Merkel menjamin Eropa tetap bersatu dalam mempertahankan Ukraina dari aksi Rusia.

"Tentu, Eropa tidak bisa dan tidak akan menerima hak yang diajukan pihak kuat untuk melanggar hukum antarbangsa, apa artinya ketika dasar-dasar aturan damai Eropa kita dipertanyakan, yaitu penentuan nasib sendiri oleh rakyat." katanya.

"Ini benar-benar apa yang sedang dilakukan Rusia terhadap Ukraina," kata Merkel, yang menjadi ujung tombak diplomasi Eropa dengan Rusia di tengah berlangsungnya krisis. Merkel juga kerap melakukan kontak dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Tidak bisa dipungkiri bahwa kita menginginkan Eropa yang aman bersama Rusia, bukan melawan Rusia," katanya.

"Eropa telah memutuskan untuk tidak terpecah, tapi lebih dari biasanya, memutuskan untuk bertindak sebagai satu kesatuan dalam mempertahankan aturan dan nilai-nilainya yang damai," ujarnya.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengatakan akan bertemu dengan Putin, Merkel dan Presiden Prancis Francois Hollande pada 15 Januari di Kazakhstan untuk membahas upaya-upaya perdamaian yang sedang berlangsung antara Kiev dan para pemberontak pro-Moskow.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...