28 February 2020

Perkuat Militer, Filipina akan Beli Pesawat C295 dari Spanyol

KONFRONTASI-Filipina akan membeli tiga pesawat angkut yang baru dari Spanyol untuk memperkuat militernya yang miskin perangkat dalam menghadapi ancaman dari luar dan bencana alam, kata juru bicara militer seperti dikutip AFP.

Pesawat pertama dari tiga  C295 itu akan dikirimkan bulan ini lewat kesepakatan senilai total 5,29 miliar peso, kata Brigjen Joselito Kakilala.

"Salah satu akan dikirimkan akhir bulan ini...untuk HADR (bantuan kemanusiaan dan bencana), transportasi militer dan (penggunaan) lainnya," kata dia.

C295 adalah pesawat turboprop mesin ganda yang mampu mengangkut sembilan ton muatan atau 71 tentara.

Filipina yang merupakan negara di Asia Tenggara yang termasuk paling lemah militernya itu tengah mencoba memodernisasi angkatan bersenjatanya di tengah meningkatnya ketegangan dengan Tiongkok menyangkut sengketa wilayah di Laut Tiongkok Selatan.

Tahun lalu negeri ini menyepakati perjanjian untuk membeli 12 jet FA-50 buatan Korea Selatan senilai 421,12 juta dolar AS.

Negeri ini kerap diterjang bencana alam nasional.

Bencana-bencana besar seperti topan Haiyan yang menewaskan lebih dari 7.350 orang dan merusak kawasan seluas Portugal pada November 2013, kerap membutuhkan transportasi massal untuk bantuan barang dan personal ke berbagai sudut negeri kepulauan itu, demikian AFP.[mr/ant]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...