25 August 2019

Pekan Depan Trump Perintahkan Tutup Perbatasan Meksiko

Konfrontasi - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, memerintahkan untuk menutup perbatasan dengan Meksiko pada pekan depan. Penutupan tersebut bukan hanya berlaku untuk penyeberangan orang, tetapi juga distribusi barang.

Berbicara kepada wartawan di resort pribadi miliknya di Florida, Jumat (29/3/2019), Trump langkah tersebut akan dilakukan jika Meksiko tidak menghentikan imigran ilegal mencapai AS.

"Ada kemungkinan yang sangat besar untuk sayaa menutup perbatasan (dengan Meksiko, Red) minggu depan, jika Meksiko tidak segera menghentikan imigran ilegal menyeberang ke wilayah Amerika," ujar Trump.

Sejumlah pengamat menilai pernyataan Trump tersebut adalah bagian dari isu kampanyenya, seiring dengan proses pemilihan kandidat presiden yang akan berlangsung di masing-masing partai. Laporan Reuters menunjukkan bahwa Trump telah berulang kali mengatakan dia akan menutup perbatasan AS dengan Meksiko selama dua tahun masa jabatannya, tapi belum merealisasikannya.

Pejabat Departemen Keamanan Dalam Negeri memperingatkan bahwa lalu lintas barang yang melalui Meksiko melambat karena badan tersebut memindahkan 750 personel perbatasan dari pelabuhan. Hal itu, menyebabkan pemeriksaan dokumen bagi distribusi barang di titik-titik resmi perbatasan mengalami keterlambatan, sehingga terjadi antrian yang panjang truk barang di sisi Meksiko. (brt1/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...