14 December 2019

Paus Fransiskus akan Temui Raja Abdullah Bahas Yerussalem

Konfrontasi - Paus Fransiskus berencana menemui Raja Abdullah II dari Yordania di Vatikan pekan mendatang, di tengah semakin memanasnya bentrokan antara warga Palestina dengan pasukan keamanan Israel yang dipicu keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Demonstrasi dan aksi kekerasan terjadi antar kedua kubu usai Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada 6 Desember.

Menurut keterangan dari Vatikan, seperti dikutip AFP, Fransiskus dan Raja Abdullah kemungkinan besar akan mendiskusikan situasi terkini, meski tidak disebutkan secara spesifik. 

Fransiskus menyerukan semua pihak untuk "menghormati status quo" Yerusalem dan mengingatkan mengenai potensi meningkatnya "siklus kekerasan."

Raja Abdullah II telah menyebut pengumuman AS atas Yerusalem sebagai "pelanggaran hak-hak internasional."

Status Yerusalem adalah isu utama dari konflik berkepanjangan antara Palestina dengan Israel. 

Israel menguasai bagian timur dari Yerusalem dalam perang 1967, dan menganggap seluruh wilayah tersebut sebagai ibu kota mereka. Sementara Palestina memandang Yerusalem timur sebagai ibu kota mereka di masa mendatang. 

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa mempertimbangkan sebuah kerangka resolusi yang menyatakan bahwa segala perubahan terhadap status Yerusalem tidak berkekuatan hukum dan harus dibatalkan. 

Mesir menyebarkan kerangka resolusi itu pada Sabtu 16 Desember 2017. Sejumlah diplomat mengatakan DK PBB dapat melakukan pemungutan suara terkait kerangka tersebut paling cepat Senin besok. (mtv/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...