21 August 2019

Palestina Usahakan Resolusi PBB Dalam Upaya Penarikan Israel

Konfrontasi - Palestina sedang mengusahakan satu resolusi PBB pada akhir tahun ini yang akan nenetapkan jadwal penarikan Israel dari daerah Palestina yang diduduki, kata ketua perunding Saeb Erakat, Selasa (9/12).

Pernyataan Erakat itu diucapkan setelah beberapa parlemen Eropa mengakui penuh negara Palestina, dan saat prospek-prospek bagi dimulainya kembali perundingan-perundingan perdamaian dengan Israel nampaknya suram.

"Kami berada di Dewan Keamanan PBB hari ini. Kami sedang melanjutkan konsultasi-konsultasi kami. Kami menginginkan satu resolusi Dewan Keamanan yang akan mendesak solusi dua negara," kata Erakat kepada wartawan asing yang berkumpul dekat kota Bethlehem di Tepi Barat.

"Kami menginginkan satu jadwal pasti untuk mengakhiri pendudukan itu.

"Kami telah didukung banyak negara di Dewan Keamanan PBB," tambahnya mengacu pada gelombang dukungan dari para anggota parlemen Inggris, Prancis, Spanyol yang mendukung pengakuan pada Palestina sebagai satu negara.

"Kami mengharapkan PBB menerima resolusi ini sebelum akhir bulan ini, sebelum Hari Natal." Palestina telah mendesak para anggota Dewan Keamanan menyetujui satu resolusi yang menetapkan satu kerangka waktu-- dua tahun -- bagi penarikan Israel dari wilayah Palestina yang diduduki.

Amerika Serikat menegaskan penentangannya pada apa yang dianggapnya sebagai tindakan sepihak Palestina yang mengabaikan perundingan perdamaian dengan Israel.

Tetapi perundingan-perundingan nampaknya tidak akan dimulai kembali, terhenti dalam satu putaran akibat saling tuduh April kendatipun satu usaha diplomatik oleh Menteri Luar Negeri AS John Kerry.

Erakat mengatakan Palestina mengharapkan AS tidak akan memveto resolusi itu, tetapi jika dilakukannya," Presiden (Mahmud) Abbas akan segera menandatangani 22 konvensi," yang menjamin keanggotaan Palestina pada Pengadilan Pidana Internasional (ICC). Melalui lembaga itu Palestina dapat mengajukan Israel ke pengadilan itu atas tuduhan melakukan kejahatan perang. (akl/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...