23 October 2019

Nigeria Tangkap Perekrut Anggota ISIS

Konfrontasi - Pemerintah Nigeria menyatakan telah menangkap seorang perekrut anggota ISIS di Negara Bagian Kano di bagian barat laut negeri itu pada Selasa (9/2).

Juru Bicara Departemen Pelayanan Negara Tony Opuiyo mengatakan penangkapan tersangka Abdussalam Enesi Yunusa merupakan tindak lanjut dari informasi intelijen yang mengindikasikan teroris pendahulunya dan upaya rahasianya mengindoktrinasi dan merekrut anak-anak muda yang rentan di negeri itu.

Yunusa sudah menyelesaikan pengaturan untuk memulai perjalanan guna bergabung ke kamp pelatihan ISIS di Libya dengan warga Nigeria lain yang dia rekrut untuk kelompok bersenjata itu sebelum dia ditangkap, kata pejabat polisi rahasia.

Perekrut warga Nigeria itu adalah mahasiswa tingkat akhir di Federal University of Technology, Minna, Negara Bagian Niger, tempat dia belajar teknologi informasi dan media menurut Opuiyo lewat satu pernyataan kepada kantor berita Xinhua.

Ia mengatakan Yunusa kemudian menjadi radikal dan bergabung dalam sel ekstremis yang terdiri atas Ibrahim dan Abubakar Ligali, yang menurut pengakuannya sekarang menjalani pelatihan di Libya.

Opuiyo mengatakan rangkaian operasi taktis yang dilakukan oleh Departemen Pelayanan Negara meliputi penggerebekan dan penegakan hukum terhadap sindikat dan gembong kriminal dan ekstremis di seluruh negeri.

Ia menambahkan tindakan itu sejalan dengan mandat hukum Pelayanan untuk secara tegas dan berlanjut menjalankan aksi intelijen serta menindak orang dan kelompok yang mengancam keamanan dalam negeri. (rol/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...