28 February 2020

Muhammad Jadi Nama Terpopuler di Israel

KONFRONTASI - Muhammad menjadi nama terpopuler untuk bayi yang lahir di Israel. Data pada tahun 2013, sebanyak 1986 anak bayi laki-laki diberi nama Muhammad.
 
Jumlah itu bahkan dua kali lebih banyak dari nama Tamar yang populer dipakai untuk bayi-bayi perempuan yang lahir di Israel.
 
Data itu mengejutkan, karena warga Arab yang menjadi kaum minoritas di Israel jumlahnya hanya 21 persen dari total populasi di Israel. Umumnya, nama Muhammad dipakai untuk bayi-bayi keturunan Arab.
 
Menurut New York Times, Selasa (30/9/2014), ada kebijakan rasis di Israel setelah mengetahui nama Nabi kaum Muslim itu jadi nama terpopuler di Israel. 
 
Hal itu terlihat dari Otoritas Kependudukan Israel yang menghilangkan nama Muhammad dalam daftar 10 nama top di Israel sebelum perayaan tahun baru Yahudi, Rosh Hashana.
 
Media Israel berhaluan kiri, Haaretz, merupakan media yang pertama kali melaporkan kejanggalan itu.”Itu bentuk lain dari rasisme, yang di Israel telah dilembagakan dengan jelas,” tulis media Israel itu dalam editorialnya.
 
Sabine Haddad, juru bicara lembaga yang menerbitkan daftar 10 nama top di Israel, berdalih hilangnya nama Muhammad dalam daftar 10 nama top di Israel, hanya kesalahpahaman. Daftar itu, kata Sabine, hanya untuk merespons permintaan nama-nama kaum Ibrani untuk menyambut Tahun Baru Ibrani atau Tahun Baru Yahudi.
 
“Tidak ada niat, tidak ada niat politik,” ucap Sabine Haddad dalam sebuah wawancara. ”Ketika wartawan menelepon saya dan meminta seluruh daftar nama top, mereka menerima seluruh daftar. Ini bukan berarti bahwa kita menyembunyikan itu,” katanya lagi.[snw]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...