14 November 2019

Menteri di Filipina Cuma Diizinkan Pakai Avanza, Indonesia?

KONFRONTASI-Sudah lumrah kalau melihat deretan menteri menggunakan mobil mewah sebagai kendaraan dinasnya. Tapi hal itu tak dilakukan oleh presiden Filipina Rodrigo Duterte. Duterte yang terpilih sejak tahun 2016 melarang para menteri di bawahnya untuk menggunakan mobil mewah sebagai kendaraan dinas.

Duterte bahkan memerintahkan agar menteri di bawah kabinetnya menggunakan Low MPV terlaris di Tanah Air Toyota Avanza sebagai kendaraan dinas. Duterte sengaja melakukan itu demi menghemat anggaran pemerintah Filipina karena harga Avanza dianggap murah.

"Duterte ingin Avanza karena itu yang termurah," jelas Rep Pantaleon Alvarez yang menjadi juru bicara Duterte dikutip dari media setempat Inquirer pada 2016 lalu. Sebagai informasi, Avanza yang dijual di Filipina didatangkan langsung dari Indonesia dan diekspor oleh PT Astra Daihatsu Motor. Dalam data distribusi ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), PT ADM tak pernah absen mengirim Avanza ke Filipina setiap bulannya. Untuk tahun ini saja pada periode Januari hingga Juni 2019 sudah 3.646 unit Avanza dikirim ke Filipina.

Avanza memang bukanlah mobil mewah. Di Indonesia, Avanza dijuluki sebagai mobil sejuta umat lantaran tak pernah absen menjadi yang terlaris selama 15 tahun kiprahnya.

Sementara itu, kembali ke kendaraan dinas menteri di Indonesia pilihannya jatuh pada sedan. Saat ini para menteri menggunakan Toyota Crown Saloon G sebagai kendaraan dinas. Toyota Crown Saloon G itu menggantikan Camry dan juga Volvo yang sempat ditunggangi para menteri.

Saat ini, pemerintah pun telah menganggarkan sekitar Rp 152 miliar untuk pengadaan kendaraan dinas menteri. Namun belum diketahui model mobil apa yang bakal digunakan para menteri ketika berdinas.(mr/dtk)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...