23 January 2018

Mantan Wapres Argentina Dibebaskan dari Penjara atas Tuduhan Korupsi

Konfrontasi - Mantan menteri ekonomi dan mantan wakil presiden Argentina, Amado Boudou, dibebaskan dari penjara kemarin setelah pengadilan banding memutuskan bahwa dirinya tidak terlibat dalam kasus korupsi. Boudo ditangkap pada awal November 2017 lalu atas tuduhan pemerasan dan pencucian uang.

Pria yang bertugas di bawah pemerintahan mantan presiden Cristina Fernandez itu menolak tuduhan dan mengatakan bahwa penangkapan itu adalah suatu penghinaan baginya.

"Sistem peradilan negara telah melakukan pelecehan dengan memenjarakan saya," katanya kepada para wartawan saat dibebaskan, seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Sabtu (13/1/2018).

Sebelum menjabat sebagai wakil presiden, Boudou pernah menempati jabatan di administrasi keamanan sosial Argentina. Kemudian pada 2009, dia dipromosikan untuk menjadi menteri ekonomi. Sejak tahun itu pula dia harus menghadapi tiga tuduhan korupsi.

Pada 2011, Boudou resmi diangkat menjadi wakil presiden ketika presiden petahana Fernandez terpilih kembali.

Boudou juga merupakan pejabat senior kedua dari pemerintahan Fernandez yang ditahan. Pada Oktober lalu, mantan menteri perencanaan Julio De Vido juga dipenjara atas tuduhan korupsi. (mrdk/mg)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...