26 August 2019

Mantan Ketua DPR AS Divonis 15 Bulan Penjara

KONFRONTASI - Mantan Ketua DPR Amerika Serikat Dennis Hastert, Rabu (27/4), divonis penjara selama 15 bulan karena membayar uang tutup mulut atas aksi pelecehan seksual yang dilakukannya terhadap seorang remaja putra yang dilatihnya di sebuah sekolah menengah atas.

Tidak lama setelah divonis, pria berusia 74 tahun itu, untuk pertama kalinya, mengakui bahwa dia melecehkan anak laki-laki saat mengajar gulat di Yorkville High School di Illinois antara 1960 hingga awal 1980-an.

Hakim Thomas M Durkin dilaporkan mengatakan kepasa Hastert, "Tidak ada yang lebih mengejutkan ketimbang menyatukan kata peleceh anak dengan ketua DPR dalam satu kalimat."

Jaksa telah memberikan laporan detail mengenai pelecehan terhadap sedikitnya lima anak laki-laki, yang termuda berusia 14 tahun, yang terjadi hampir satu dekade lalu sehingga politisi Partai Republik itu tidak bisa didakwa.

"Apa yang saya lakukan salah dan saya menyesalinya," ujar Hastert yang hadir di pengadilan menggunakan kursi roda. "Mereka meneladani saya dan saya memanfaatkan mereka."

Hakim juga mengharuskan Hastert membayar denda sebesar US$250 ribu kepada dana bagi korban kekerasan dan menjalani hukuman percobaan selama dua tahun dengan syarat harus mengikuti program bagi pelaku pelecehan seks. (MI/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...