11 December 2017

Los Angeles Terbakar, Meluas dan 31 Orang Tewas

Kebakaran meluas di kawasan California selatan dan telah memasuki hari ketiga pada Rabu, 6 Desember 2017, waktu setempat.

Seperti dilansir CNN, terjadi kebakaran baru di dekat daerah elit Bel Air dan jalan Interstate 405, yang bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan setelah api membakar sekitar 65 ribu atau sekitar 26,300 hektar.

"Kebakaran ini menghanguskan sejumlah bangunan dan memaksa puluhan ribu orang untuk evakuasi," begitu dilansir media CNN, Rabu, 6 Desember 2017.

Api membakar kawasan kering di sepanjang kawasan utara dan barat Los Angeles. Daerah yang paling parah terbakar adalah Ventura County.
Hembusan angin kencang Santa Ana disebut sebagai penyebab menyebarkan api dengan cepat. Daerah baru yang terkena sebaran api pada Rabu pagi waktu setempat adalah kawasan seluas 50 acre atau sekitar 15 hektar di dekat jalan Interstate-405. Daerah ini berdekatan dengan gedung seni Getty Center, Bel Air dan UCLA.

CNN melaporkan hembusan angin akan berkurang pada siang namun diperkirakan bakal menguat pada malam hari hingga Kamis keesokan harinya hingga kecepatan sekitar 50 mile per jam sehingga api bisa semakin menyebar.

Petugas meminta warga untuk mengurangi aktivitas di luar rumah untuk menghindari asap, yang bisa mengganggu pernapasan. Peringatan diberikan kepada warga di daerah padat penduduk San Fernando Valley dan kawasan utara Los Angeles.

Menurut data terbaru, kawasan yang paling rusak akibat sebaran api ini adalah Thomas Fire di Ventura County, yang hangus mencapai sekitar 50 ribu acre atau sekitar 20 ribu hektar. Kebakaran ini dimulai di daerah pedesaan dan menyebar ke kota di California selatan. Ini menyebabkan sekitar 150 gedung rusak.

Jumlah korban meninggal dalam kebakaran hutan di negara bagian California, Amerika Serikat, kini telah mencapai 31 orang.

Jumlah itu menigkat sebanyak tujuh orang dari hari Kamis, 12 Oktober 2017. Pejabat pemerintah setempat mewasdai jumlah koban meninggal  bakal bertambah. 

Baca: Cinta Sejati dalam Kebakaran California Amerika Serikat

Kepala Polisi Daerah Sonoma, Rob Giordano, menjelaskan dua jenasah ditemukan tim pencari di tempat orang - orang dilaporkan hilang.

"Kami menemukan jenasah dalam keadaan utuh, kami juga menemukan jenasah dengan hanya tulang dan abu yang tersisa," kata Giordano kepada NPR Kamis, 12 Oktober 2017, waktu setempat.

Baca: Saat Disneyland California Terancam Kebakaran

Kebakaran hutan yang terjadi pada Ahad, 8 Oktober 2017 malam lalu menghanguskan 3,500 rumah dan bangunan usaha karena kuatnya hembusan angin.

Sebanyak 21 titik api ditemukan di lahan yang terbakar dengan luas 777 ribu meter persegi.

Salah satu pengamat di wilayah Sonoma Shirlee Zane mengatakan lokasi kebakaran terlihat seperti zona perang yang baru saja dijatuhi bom. Selain itu, kondisi udara di lokasi kebakaran saat ini sangat buruk.

"Kualitas udara sangat berbahaya saat ini. Asap masih tebal dan berwarna abu - abu. Orang - Orang tidak dapat bepergian. Ini sangat tidak aman. Kalian bisa melihat banyak orang berkeliling dengan penutup wajah," Ucap Zane pada NPR.

Korban Meninggal Kebakaran California Jadi 31 Orang

Kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Utara California ini menjadi kebakaran terparah dalam beberapa dekade terakhir.  Hingga saat ini, ratusan orang masih mendapat perawatan dan ratusan lainnya dinyatakan hilang akibat kebakaran ini. (KCM/Tempo)


Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...