7 April 2020

Lithuania Minta DK PBB Bahas Kekerasan Di Ukraina

Konfrontasi - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) akan mengadakan pertemuan minggu depan untuk membahas gejolak kekerasan yang terjadi di Ukraina, kata duta besar, Jumat (16/1). Pertemuan dengan 15 anggota DK PBB akan diadakan Rabu (21/1) atas permintaan Lithuania.

Dalam minggu ini terjadi peningkatan jumlah kekerasan di Ukraina. Pertempuran terjadi di sekitar bandara Donetsk, Kamis, yang membuat Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa harus kembali untuk melakukan pengawasan.

Sedikitnya enam tentara Ukraina dan lima penduduk sipil tewas dalam pertempuran pada Kamis dan Jumat tersebut, sementara 18 orang dilaporkan terluka, kata pejabat pemerintah. Sebelumnya Dewan Keamanan dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengutuk serangan roket terhadap sebuah bus awal minggu ini yang menyebabkan 11 orang meninggal dunia.

Dialog di Lithuania adalah pertemuan ke-27 DK PBB dalam membahas krisis di timur Ukraina, di mana kaum separatis pendukung Rusia bertempur melawan tentara pemerintah Ukraina. Ukraina dan sekutunya di Barat menuduh Rusia mendukung pemberontak, namun Moskow menolak tudingan tersebut.

Lebih dari 4.700 orang tewas dalam pertempuran selama sembilan bulan meski perdamaian sudah tercapai pada September. (akt)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...