17 November 2019

Liga Arab Ramai-ramai Dukung Saudi, Musuhi Iran

Konfrontasi - Unjuk rasa di beberapa wilayah mayoritas Syiah atas eksekusi mati ulama Syiah, Syekh Nimr al Nimr, di Arab Saudi membuat negara-negara yang dikuasai pemerintahan Islam Sunni bersatu.

Liga Arab menyatakan mendukung penuh tindakan Arab Saudi, karena eksekusi mati itu dilakukan pada terpidana terorisme. Musuh bersama negara-negara Sunni di Teluk itu adalah Iran.

Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran setelah kedubesnya dibakar di Teheran. Langkah serupa segera diambil Bahrain. Negara mayoritas Syiah itu dipimpin raja bermazhab Sunni. Kepolisan Bahrain sejak akhir pekan lalu dipusingkan unjuk rasa rakyat atas eksekusi Nimr.

"Bahrain dalam pernyataannya mengecam Iran yang dinilai semakin berbahaya, dengan ikut mencampuri urusan internal negara tetangganya," seperti dikutip oleh the Guardian, Selasa (5/1).

Yordania, Turki, Bahrain, Kuwait, maupun Uni Emirat Arab berbarengan mengecam sikap Iran yang dua hari terakhir mengkritik Saudi.

Pembakaran Kedubes Saudi di Ibu Kota Teheran, Iran, juga menjadi alasan negara-negara Teluk menyerang balik Negeri Para Mullah itu.

"Aksi ini merupakan pelanggaran terhadap berbagai piagam dan norma internasional," ujar Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab. Tak sekadar itu, Uni Emirat Arab sekaligus mengumumkan penurunan status hubungan diplomatik dengan Iran. (akl/ar)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...