28 February 2020

Kuba Bantu Maduro, Trump Ancam Jatuhkan Sanksi

KONFRONTASI-Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengancam untuk menjatuhkan embargo dan sanksi terhadap Kuba di tengah pemberontakan militer yang bertujuan menggulingkan Presiden Venezuela, Nicolas Maduro.

Trump menyebut, Kuba sudah terlalu lama membantu Maduro."Jika pasukan dan milisi Kuba tidak segera menghentikan operasi militer dan lainnya dengan tujuan menyebabkan kematian dan kehancuran Konstitusi Venezuela, embargo penuh dan lengkap, bersama dengan sanksi tingkat tertinggi, akan ditempatkan di Kuba," kata Trump, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (1/5).

Peringatannya datang setelah pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido merilis sebuah video di mana ia dapat dilihat bersama kontingen kecil personil militer berseragam dan kendaraan lapis baja yang menyerukan pemberontakan untuk mengakhiri kekuasaan Maduro.

Terkait situasi Venezuela, sebelumnya Uni Eropa (UE) menyerukan dicapainya solusi demokratis untuk menyelesaikan situasi di Venezuela.

"Kami tegaskan bahwa hanya akan ada jalan keluar politik, damai dan demokratis untuk berbagai krisis yang dihadapi negara ini," kata Menteri Luar Negeri UE, Federica Mogherini dalam sebuah pernyataan.

Mogherini mengatakan UE menolak segala bentuk kekerasan dan menyerukan pengurangan konflik untuk mencegah hilangnya nyawa warga sipil tak bersalah.

"Kami akan terus berusaha keras untuk mencapai pemulihan demokrasi dan supremasi hukum, melalui pemilihan yang bebas dan adil, sesuai dengan konstitusi Venezuela," sambungnya.[mr/snd]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...