24 February 2018

Korut Mau Uji Coba Nuklir di Hari Pelantikan Trump

KONFRONTASI - Sumber-sumber militer Korea Selatan mengabarkan kemungkinan dilakukannya uji coba nuklir oleh Korea Utara pada hari pelantikan Donald Trump, Presiden terpilih Amerika Serikat.

IRNA (24/11) melaporkan, sumber-sumber militer Korea Selatan, Kamis (24/11) mengatakan, Korea Utara bermaksud melakukan uji coba nuklirnya yang keenam pada hari pelantikan Donald Trump, 20 Januari 2017 mendatang.

Sejumlah laporan menyebutkan, uji coba nuklir keenam Korea Utara mungkin saja merupakan bentuk upaya untuk negosiasi dengan pemerintahan Trump dan akan dilakukan jika Pyongyang berhasil memasangkan hulu ledak nuklir pada rudal-rudalnya.

Uji coba nuklir kelima Korea Utara dilakukan pada 9 September 2016 dan dinilai sebagai uji coba nuklir terkuat yang pernah dilakukan negara itu. Uji coba itu dilakukan delapan bulan setelah uji coba nuklir keempat Korea Utara.

Korea Utara berulangkali menyebut uji coba nuklirnya sebagai reaksi atas kebijakan-kebijakan interventif Amerika di kawasan Semenanjung Korea dan ketidakpedulian Washington atas komitmen-komitmennya terkait Pyongyang.[pars/ian]

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...