26 April 2018

Korut-Korsel Berunding, India Senang

KONFRONTASI-India menyambut baik pembicaraan baru-baru ini antara Korea Selatan dan Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) atau Korea Utara (Korut) dan percaya pada reunifikasi dan rekonsiliasi di Semenanjung Korea.

"India mendukung upaya untuk membangun perdamaian, stabilitas, rekonsiliasi, de-nuklearisasi, dan penyatuan kembali semenanjung Korea melalui dialog dan diplomasi," kata juru bicara urusan luar negeri India Raveesh Kumar.

"Kami berharap bahwa penyatuan antara kedua negara akan membantu mengurangi ketegangan, dan mengambil jalan untuk perdamaian dan rekonsiliasi yang abadi di semenanjung Korea," katanya saat berbicara dengan media di New Delhi.

Korut dan Korea Selatan memulai perundingan tingkat tinggi pada Selasa di desa gencatan senjata Panmunjom yang melewati perbatasan yang dijaga ketat antara kedua negara tetangga tersebut.

Sebuah siaran pers bersama yang dikeluarkan setelah dialog tersebut mengatakan bahwa Korut telah sepakat untuk mengirim sebuah delegasi ke Olimpiade Musim Dingin 2018 yang dimulai Februari di wilayah timur Korea Selatan Pyeongchang, dan Paralimpiade 2018 di bulan Maret.

Seoul dan Pyongyang juga sepakat untuk mengadakan dialog terpisah antara otoritas militer mereka setelah menyetujui bahwa mereka harus melakukan upaya bersama untuk mengurangi ketegangan militer dan menciptakan lingkungan yang damai di Semenanjung Korea. Demikian diberitakan Xinhua.(mr/tar)

Category: 
loading...

Related Terms