19 July 2019

Korupsi Sektor Swasta Rusak Citra Investasi Australia

Konfrontasi – Tindakan kriminal kelas kakap semakin marak di Australia. Peningkatan jumlah kasus kejahatan sebagai akibat lemahnya aturan hukum dan sanksi penjara.

Ketua Komisi Sekuritas dan Investasi Australia (ASIC) Greg Medcraft mengakui Australia sebagai negara dengan tingkat korupsi yang tinggi. Kasus korupsi terbesar melibatkan para petinggi perusahaan.

"Di beberapa negara, hukuman mereka bisa dua hingga tiga kali lebih dari kerugian yang dicapai, Di Australia seringkali hukuman dilanggar demi transaksi." tegas Medcraft, Rabu (22/10).

Masyarakat Australia sempat menuding ASIC sebagai badan pengawas perusahan tidak bekerja maksimal dan membela pihak tertentu. Namun, Medcraft balik menyatakan aturan hukum negara terlalu banyak memberi ruang bagi penjahat. Akibatnya, banyak kasus berakhir dengan hukuman ringan. ASIC bahkan memberikan rekomendasi kepada Senat agar Sistem Penyelidikan Keuangan diperbaiki dan jumlah sanksi ditambah.

"Dalam beberapa kasus, hukuman tidak mengikuti indeks inflasi, beberapa diantara mereka ada yang masih berusia dua puluh tahunan," ujar Medcraft.

ASIC mencatat peningkatan jumlah kasus korupsi memberi dampak penurunan jumlah investor di Australia. 

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...