26 April 2019

Koalisi Korsel-AS Deteksi Pergerakan Rudal-rudal Korut

Konfrontasi - Sebuah laporan terbaru datang dari Korea Utara. Sumber intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat menyebutkan jika mereka berhasil mendeteksi pergerakan beberapa rudal Korea Utara. Rudal-rudal itu tengah bergerak diangkut dari fasilitas roket di Sanum-dong di bagian utara ibu kota Pyongyang.

Menurut laporan Korea Broadcasting System (KBS), pergerakan itu memunculkan spekulasi jika Korea Utara bersiap untuk melakukan tindakan yang lebih provokatif dari lakon-lakon sebelumnya yang telah dilakukan bersama rudal-rudalnya.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu 30 September 2017, laporan menyebut itu berupa rudal jarak menengah Hwasong-12 atau antarbenua Hwasong-14. Bisa saja demikian, meski selama ini fasilitas rudal di Sanum-dong telah didedikasikan untuk produksi rudal balistik antarbenua.

Seorang sumber dari Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan, dia tidak dapat mengonfirmasi rincian laporan tersebut atau apakah ada kegiatan yang tak biasa di wilayah tersebut. Meski demikian, pejabat Korea Selatan itu mengatakan bisa saja Korea Utara bertindak lebih provokatif jelang ulang tahun partai komunisnya yang akan berlangsung pada 10 Oktober.

Jika tidak demikian, bisa saja rudal itu dilesatkan saat China mengadakan Kongres Partai Komunis pada 18 Oktober mendatang.

Di tengah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea, Korea Selatan dan pasukan AS baru-baru ini mengadakan latihan pertahanan udara jarak dekat pertama mereka. Hal itu dipastikan berdasarkan sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Komando Pasifik AS pada Jumat kemarin. Latihan bersama digelar di Korea Selatan. (vv/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...