26 May 2019

Kepolisian Bongkar "Sandi" Rahasia Perampok Rumah Sebelum Beraksi

Konfrontasi - Terungkap, geng-geng kriminal ternyata suka menggunakan coretan spidol atau cat buat menandai rumah yang akan dicuri atau dirampok. Mereka sering menulisnya pada dinding atau tiang lampu sebagai kode berkomunikasi dengan sesama perampok.

Seperti diungkap dalam tulisan di laman Dailymail edisi 18 September 2015, kode-kode itu dikumpulkan oleh detektif yang biasa berurusan dengan geng kriminal. Tanda yang lazim digunakan seperti tanda silang dalam segi empat. Kode ini menunjukkan sebagai sasaran empuk. Sebaliknya tanda silang dalam lingkaran berarti pemilik rumah tidak memiliki harta yang berharga.

Lain lagi kode untuk menggambarkan bahwa rumah itu mempunyai banyak harta yang melimpah dan berharga. Tandanya adalah bulatan-bulatan kecil mirip gambar berlian. Ada pula tanda untuk menunjukkan rumah yang dilengkapi dengan alarm sehingga si pencuri mesti berhati-hati.

Simbol-simbol itu memiliki sejarah panjang, bahkan sudah pernah dipakai puluhan  tahun silam saat Amerika Serikat  mengalami depresi. Ketika itu banyak sekali pengangguran dan kriminalitas meningkat.

Kode serupa juga biasa di pakai di Skotlandia. Banyak pencuri di negara ini juga menggunakan simbol-simbol untuk berkomunikasi dengan yang lain. Kepolisian wilayah negara ini telah mempublikasikan deretan simbol itu kendati dikonfirmasi oleh kepolisian pusat. (tmp/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...