26 February 2020

Kekuatan Dunia Capai Kesepakatan Soal Nuklir Iran, Bagaimana Hasilnya?

KONFRONTASI-Kekuatan dunia telah mencapai kesepakatan dengan Iran dalam mengurangi kegiatan nuklir negara itu dengan imbalan pencabutan sanksi ekonomi internasional.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan dengan kesepakatan tersebut, "semua jalur senjata nuklir terputus" bagi Iran.

Presiden Iran, Hassan Rouhani, mengatakan hal ini membuka "bab baru" hubungan Iran dengan dunia.

Perundingan antara Iran dan enam kekuatan dunia - Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Cina, Rusia dan Jerman - dimulai pada tahun 2006.

Kelompok P5+1 menginginkan Iran mengurangi kegiatan nuklir yang merupakan isu peka untuk memastikan negara tersebut tidak bisa membuat senjata nuklir.

Iran, yang menginginkan sanksi internasional yang melumpuhkannya dicabut, selalu mengatakan kegiatan nuklirnya untuk tujuan damai.

Terdapat penolakan keras dari kelompok konservatif baik di Iran maupun Amerika Serikat.

Kongres AS memiliki waktu selama 60 hari untuk mempertimbangkan kesepakatan itu, meskipun Obama mengatakan akan menveto usaha untuk menggagalkan.

Seorang diplomat yang dikutip kantor berita Associated Press mengatakan perjanjian itu mencakup aturan mengenai pengawasan lokasi fasilitas nuklir di Iran sehingga pengawas PBB dapat meninjau lokasi militer, namun Iran bisa saja menentang pemberian akses.

Sebagai gantinya, PBB mengatakan embargo senjata dan sanksi rudal hanya akan berlaku dalam lima dan delapan tahun lagi. Namun, seperti dilaporkan kantor berita Reuters, apabila Iran melanggar perjanjian, penjatuhan sanksi akan diberlakukan dalam 65 hari. [mr/bbc/pr]

Tags: 
Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...