17 December 2018

Kebakaran California: 71 Tewas, Lebih dari 1000 Orang Hilang

KONFRONTASI-Presiden Amerika Serikat Donald Trump bertolak ke lokasi terjadinya kebakaran hebat di California pada Sabtu (17/11) waktu setempat.

Dia datang untuk meninjau langsung dan bertemu dengan para pejabat, korban dan petugas pemadam kebakaran di lokasi bencana.
"Kelihatannya lebih banyak orang yang hilang dari yang diperkirakan orang," kata Trump kepada wartawan dari Gedung Putih sesaat sebelum menaiki helikopter Marine One untuk terbang ke Pangkalan Gabungan Andrews, seperti dimuat Channel News Asia.

Saat ini diketahui bahwa setidaknya 71 orang meninggal dunia dan ada lebih dari 1000 orang terdaftar sebagai "hilang" dalam kebakaran terburuk yang pernah terjadi di negara bagian Amerika Serikat tersebut.

Kebakaran itu sendiri diketahui telah melahap area seluas Chicago dan menghancurkan hampir 10.000 rumah dan 2400 bangunan lain.

Butte County Sheriff Kory Honea mengatakan kepada wartawan bahwa jumlah orang hilang telah mengalami lonjakan dari semula 631 orang menjadi 1011 orang, dalam 24 jam ketika pihak berwenang menerima lebih banyak laporan tentang orang-orang yang hilang, dan setelah panggilan darurat sebelumnya ditinjau.

Kebakaran hebat itu terjadi sejak 8 November lalu. Trump menekankan bahwa kebakaran terjadi akibat salah urus hutan California. Dia mengatakan akan melakukan pembahasan lebih lanjut terkait hal ini.

"Kami akan berbicara tentang pengelolaan hutan," tegas Trump.[mr/rmol]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...