20 November 2019

Jual Senjata ke Taiwan, China Protes AS

KONFRONTASI - Kementerian Luar Negeri Cina memprotes keputusan Amerika Serikat untuk menjual persenjataan kepada Taiwan. Menurut Kemenlu Cina, berlanjutnya langkah ini akan merusak hubungan bilateral dua negara.

IRNA (8/12) melaporkan, Hong Lei, Juru Bicara Kemenlu Cina mengatakan, "Langkah Amerika menjual senjata ke Taiwan adalah pelanggaran tegas atas komitmen "TRA and 8.17 Communiqué", dan Beijing menentang keras langkah tersebut."  

Lei menambahkan, "Amerika, berdasarkan sejumlah kesepakatan yang sudah ditandangani bersama dengan Cina, berkewajiban menghentikan penjualan senjata ke Taiwan dan memegang komitmen ini."

Menurutnya, petinggi Cina dan Amerika berusaha menemukan bentuk baru kerja sama mereka, akan tetapi penjualan senjata ke Taiwan adalah salah satu langkah terburuk dalam hubungan dua negara.

Parlemen Amerika empat hari lalu mengesahkan proyek penjualan kapal-kapal tempur yang dilengkapi peluru kendali kepada Taiwan.

Kemenlu Cina segera mereaksi keputusan Parlemen Amerika itu dan memprotesnya. Beijing menegaskan bahwa dilaksanakannya keputusan itu berarti intervensi tegas Amerika dalam urusan internal Cina.

Sejak lebih dari tiga dekade lalu, Amerika adalah penjual terbesar persenjataan untuk Taiwan.[irb/ian]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...