28 May 2017

Jika Syarat Terpenuhi, Korut Bersedia Dialog dengan Amerika Serikat

Konfrontasi - Diplomat senior Korea Utara Choi Sun-hee hari ini menyatakan Pyongyang bersedia menggelar pertemuan dengan pemerintahan Amerika Serikat jika syarat memenuhi.

Choi Sun-hee yang selama ini mengurusi hubungan dengan AS menyampaikan pernyataan itu kepada wartawan dalam perjalanan dari Beijing menuju Pyongyang. Dia sebelumnya berada di Norwegia untuk memimpin delegasi bertemu mantan pejabat dan akademisi AS.

Kantor berita the Associated Press melaporkan, Choi tidak menjelaskan syarat seperti apa yang harus dipenuhi jika pertemuan itu akan berlangsung. Namun pernyataan dia itu membuka peluang negosiasi antara AS dan Korut yang terhenti sejak 2008 sewaktu enam negara membahas aksi uji coba senjata nuklir Korut.

Sebelumnya Presiden Donald Trump menyatakan dia akan merasa sangat tersanjung jika bisa bertemu dengan pemimpin Korut Kim Jong-un.

Dalam beberapa bulan belakangan pemerintahan Trump menyatakan semua kemungkinan masih terbuka untuk mencegah program senjata nuklir Korut, termasuk mengerahkan serangan militer. (mrdk/mg)

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



News Feed

loading...

Baca juga


Loading...