18 November 2019

Jet Tempur India Lintasi Perbatasan, Pakistan Geram

KONFRONTASI-Pakistan dibuat geram dengan jet-jet tempur India yang menyeberang ke wilayahnya pada hari ini (Selasa, 26/2). Kementerian Luar Negeri India menyebut bahwa langkah itu adalah tindakan pre-emptive non-militer terhadap kelompok bersenjata Jaish-e-Mohammed (JeM).

Langkah tersebut secara dramatis meningkatkan ketegangan antar dua negara bertetangga itu. Sebelumnya hubungan India-Pakistan tengah berada di situasi tegang menyusul serangan bom bunuh diri di wilayah Kashmir bagian India di mana puluhan personel keamanan India meninggal dunia.
 
Sementara itu, Pakistan melaporkan adanya serangan wilayah udara India. Jurubicara militer Mayor Jenderal Asif Ghafoor mengatakan jet angkatan udaranya berebut untuk merespons.
 
Akan tetapi, Menteri Luar Negeri India Vijay Gokhale, menegaskan bahwa jet-jet itu telah mencapai target mereka, dan bahwa sejumlah besar teroris, pelatih, komandan senior JeM dan kelompok-kelompok jihadis yang sedang dilatih untuk melakukan serangan berhasil dimusnahkan.
 
"Pemerintah India secara tegas dan tegas berkomitmen untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memerangi ancaman terorisme," kata Gokhale kepada wartawan di New Delhi, seperti dimuat Al Jazeera.

"Karenanya tindakan pre-emptive non-militer ini secara khusus ditargetkan pada kamp Jaish-e-Mohammed," tegasnya. [mr/rmol]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...