22 July 2019

Jenderal Jack Keane Kaya Raya Karena Perangi ISIS di Irak-Suriah

KONFRONTASI-Sebuah artikel di majalah Nation menyebut Jenderal Jack Keane. Keane muncul di FoxNews sembilan kali dalam dua bulan terakhir, dengan materi yang disampaikan sama; perlunya ofensif militer oleh AS dan penyebaran penasehat militer ke Timur Tengah, sebagai satu-satunya cara melawan ISIS.

Keane bukan pengamat independen yang setiap tampil di televisi mendapat bayaran. Ia adalah ketua dewan Institute for the Study of War dan nara sumber sejumlah outlet ternama, dua diantaranya New York Times dan BBC.

Lebih penting lagi, Keane adalah penasehat khusus Academi, kontraktor militer yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackwater. Ia anggota dewan penasehat General Dynamics, presiden perusahaan konsultan GSI LLC, dan mitra usaha SCP Partners -- perusahaan investasi yang bermitra dengan kontraktor pertahanan XVionics, yang bekerja sama dengan Angkatan Udara AS dalam pelatihan drone.

Di General Dynamics, Keane menerima gaji enam digit dalam bentuk uang tunai dan saham sejak bergabung dengan perusahaan itu tahun 2004. Tahun 2013, General Dynamic membayarnya lebih dari 258 ribu dolar AS.

Wall Street Journal edisi 24 Agustus 2014 menyebutkan Keane mendesak Washington untuk meminta Qatar mendanai ISIS, tapi tidak menyebut Arab Saudi dan Kuwait.

Pengamat mengatakan Keane tidak melirik kerajaan-kerajaan di Teluk Persia, dan hanya menekankan pada peran Qatar. Alasan rasionalnya, Academi adalah mitra bisnis Uni Emirat Arab -- pesaing utama Qatar. (kh)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...