12 December 2019

Jelang Idul Adha, Penjual Domba di Nigeria Naikkan Harga

Konfrontasi - Menjelang Idul Adha 1440 Hijriyah, hewan ternak seperti Domba, Kambing, dan Sapi diburu umat Islam yang hendak berkurban. Di beberapa negara bagian di Nigeria seperti Lagos, Ogun, dan Osun, para pedagang memanfaatkan kesempatan mendekati Hari Raya Idul Adha dengan meningkatkan harga Domba jantan dan Kambing.

Sejumlah umat Muslim berbicara kepada Sahara Reporters, bahwa para pedagang menggandakan harga hewan kurban untuk mendapatkan lebih banyak uang dari pelanggan. 

Di salah satu pasar Domba terbesar di Mangoro, Agege, Lagos, seekor Domba jantan dijual dengan harga rata-rata 80.000 Naira. Menurut temuan Sahara Reporters, harga itu merupakan dua kali lipat dari harga Domba yang dijual pada hari normal.   

"Mereka (pedagang) telah meningkatkan harga Sapi dan Domba jantan yang mereka jual karena mereka selalu ingin mendapat untung, terutama selama periode perayaan ini," kata seorang pria kepada Sahara Reporters, dilansir pada Jumat (9/8/2019).

Di Pasar Kara di Negara Bagian Ogun, seekor Domba jantan dijual sebesar 75.000 Naira dibanding harga normal sebesar 30.000 Naira. Sementara itu, seorang ulama mengonfirmasi kenaikan harga hewan kurban itu. 

Di mengatakan, membeli seekor Domba jantan di Pasar Kara dengan harga 75 ribu naira. Harga ini menurutnya jauh lebih tinggi dari biasanya. 

"Mereka hanya memanfaatkan situasi untuk mendapatkan lebih banyak uang dari orang-orang yang akan membutuhkan Domba untuk acara Idul Adha," kata ulama tersebut. 

Kenaikan harga hewan kurban juga terjadi di Pasar Ede di Negara Bagian Osun. Di sana, Domba jantan dihargai sebesar 70 ribu Naira, naik dari 30 ribu Naira yang dijualnya beberapa pekan lalu, 

Namun begitu, beberapa pedagang mengatakan kenaikan harga Domba jantan dan Sapi tidak mempengaruhi permintaan oleh umat Muslim. Di Nigeria, Idul Adha akan jatuh pada 11 Agustus 2019.

Pemerintah Federal pada Rabu lalu mengumumkan, bahwa pada 12 dan 13 Agustus 2019 akan ditetapkan sebagai hari libur umum dalam rangka memperingati Idul Adha. (tmp/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...