31 March 2020

Israel akan Potong USD6 Juta Dana Bantuan ke PBB

Konfrontasi - Pemerintah Israel mengatakan akan memotong dana bantuannya untuk PBB sebesar USD6 juta atau sekira Rp80 miliar pada 2017. Tindakan itu dilakukan sebagai bentuk protes terhadap resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB yang menuntut Israel menghentikan pembangunan permukimannya di tanah bangsa Palestina.

Misi Israel untuk PBB menyatakan yang akan dipotong adalah pendanaan untuk badan-badan PBB yang dianggap anti-Israel, termasuk Komite Pelaksanaan Hak-hak Asasi Rakyat Palestina dan Pembagian Hak Palestina. Misi Negara Zionis itu juga mengatakan akan melakukan tindakan lebih jauh untuk mengakhiri aktivitas anti-Israel di PBB.

“Tidak masuk akal bagi Israel untuk mendanai badan yang beroperasi melawan kami di PBB,” kata Duta Besar Israel untuk PBB Danny Danon, sebagaimana dilansir Reuters, Sabtu (7/1/2016). “PBB harus menghentikan realita absurd yang mendukung badan yang tujuan utamanya menyebar hasutan dan propaganda anti-Israel.”

Resolusi yang menuntut penghentian pembangunan permukiman Israel itu disahkan oleh 15 negara anggota DK PBB pada 23 Desember 20176. Sekutu terdekat Israel, Amerika Serikat (AS), memutuskan abstain dan tidak melakukan veto sehingga resolusi tersebut dapat lolos serta diadopsi. (oke/mg)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...