22 May 2019

ISIS Serang Kedubes Korsel di Libya

KONFRONTASI - Sekelompok pria bersenjata menyerang  Gedung Kedutaan Besar Korea Selatan di Tripoli Libya ada tengah malam tadi (12/4). 

Para pria bersenjata melepaskan tembakan dari sebuah mobil yang melintas ke pos polisi di depan gedung kedutaan. Akibatnya, seorang petugas keamanan dan seorang warga sipil tewas. Sedangkan seorang petugas keamanan lainnya terluka. 

Dalam insiden itu, tidak seorangpun warga negara Korea Selatan yang terluka. Ketika serangan terjadi, gedung kedutaan tengah dalam keadaan kosong. Namun tiga orang warga Korea Selatan, dua di antaranya adalah diplomat, berada di dalam kediaman yang berada di satu area dengan lingkungan kedutaan. 

Gedung Kedutaan Besar Korea Selatan itu sendiri telah lama ditutup karena alasan keamanan selama beberapa bulan. Namun kemudian pemerintah Korea Selatan memutuskan untuk kembali membukanya.

Tak lama setelah insiden terjasi, seperti dimuat BBC, kelompok militan ISIS mengklaim serangan tersebut. 

Libya merupakan negara yang hingga saat ini situasi keamanan dalam negerinya belum stabil pasca NATO melengserkan pemimpin Muammar Gaddafi pada tahun 2011. Sejumlah kelompok militan berulah di Libya, tak terkecuali ISIS yang yang belakangan menjadi dalang dalam sejumlah serangan terhadap sasaran asing di Libya termasuk kedutaan dan ladang minyak.[rm/ian]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...