21 November 2019

Inggris Tak Sudi Akui Kemerdekaan Catalunya

KONFRONTASI-Inggris tidak akan mengakui deklarasi kemerdekaan Catalunya, kata Perdana Menteri Theresa May kepada Perdana Menteri Spanyol sementara krisis masih berlanjut menyusul referendum yang dipermasalahkan di kawasan tersebut.

"Perdana Menteri menegaskan kembali bahwa Inggris menganggap referendum tersebut tidak memiliki dasar hukum dan bahwa deklarasi kemerdekaan sepihak tidak sesuai dengan peraturan undang-undang," kata juru bicara May setelah perbincangan Perdana Menteri Inggris dengan Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy melalui telepon pada Selasa.

"Dia menambahkan bahwa Inggris tidak akan mengakui deklarasi kemerdekaan  Catalunya," tambah juru bicara Downing Street sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Pesan Inggris disampaikan lebih dari dua pekan setelah Catalunya menggelar referendum kemerdekaan pada 1 Oktober, yang dianggap ilegal oleh Mahkamah Konstitusi Spanyol.

Tindakan keras kepolisian mewarnai referendum dengan tingkat partisipasi 43 persen, yang 90 persennya mendukung kemerdekaan tersebut. Sejak itu terjadi kebuntuan antara pemimpin separatis dan pemerintah Spanyol.

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...