7 December 2019

File Serangan Kedubes Israel di Argentina, Dibuka Ke Publik

Konfrontasi - Sejumlah dokumen dibeberkan oleh pemerintah Argentina yang berkaitan dengan pemboman yang terjadi di luar gedung kedutaan besar Israel di Buenos Aires pada 1992 yang merenggut 29 nyawa dan melukai 200 orang.

Pemerintah Argentina telah diizinkan oleh Mahkamah Agung untuk membeberkan dokumen-dokumen ini ke publik.

Menurut dekrit yang disiarkan dalam koran Official Bulletin, pemerintah telah memerintahkan "deklasifikasi" (pembeberan) semua dokumen dan fail intelijen yang berkaitan dengan serangan itu.

Para keluarga korban sejak lama menuntut fail-fail itu diungkap saja dan mahkamah agung telah meminta Presiden Argentina, Cristina Kirchner untuk mendeklasifikasi beberapa item.

Kasus ini ditutup sejak pengadilan memutuskan pada 1999 bahwa para anggota grup militen Hezbollah di Lebanon melancarkan serangan itu, namun tidak seorang pun yang terbukti melakukannya. Kirchner telah menyerukan kasus ini dibuka kembali.

Bulan lalu, pemerintah Argentina telah mendesklasifikasi berkas-berkas dokumen mengenai pembomaman yang tak terpecahkan pada 1994 dan menimpa pusat orang-orang Yahudi di Buenos Aires yang menewaskan 85 orang dan melukai 300 orang. (mg/ant)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...