23 May 2018

Enam Proyek Paling Mahal Dan Bernilai Milyaran Dolar Yang Pernah Ada Di Dunia

KONFRONTASI - Proyek konstruksi, entah itu membangun sebuah gedung, sebuah jembatan, ruas jalan atau nbangunan lain pastilah butuh biaya besar. Itu karena bahan bahan bangunan seperti semen, aspal, besi sampai pasir pun harganya terus menerus naik. bangun rumah kecil saja habis puluhan juta, kira kira berapa ya biaya untuk membangun jembatan, jalan dan gedung gedung besar lainnya.

Ini Proyek Konstruksi Paling Mahal Yang Pernah Ada Di Dunia

Ini Proyek Konstruksi Paling Mahal Yang Pernah Ada Di Dunia Image [source]

 

Meskipun mahal, negara negara dari seluruh dunia sepertinya berlomba lomba lho dalam melakukan pembangunan. Berikut ini beberapa proyek konstruksi dunia yang menelan biaya mahal. Enggak hanya hitungan jutaan dolar, proyek proyek ini tingkatannya mencapai milyaran dolar. Proyek proyek apakah itu yang tergolong proyek berbiaya paling mahal di dunia? bagaimana pula bentuk bangunan yang dihasilkan oleh proyek proyek berbiaya besar tersebut? berikut ini daftarnya.

1. Proyek Jalan Antar Negara Bagian Di Amerika Menghabiskan $450 Milyar Dolar

Proyek Jalan Antar Negara Bagian Di Amerika Menghabiskan $450 Milyar Dolar

Proyek Jalan Antar Negara Bagian Di Amerika Menghabiskan $450 Milyar Dolar Image [source]

Proyek jalan ini utamanya untuk kepentingan militer. Buat jaga jaga kalau sewaktu waktu Amerika diserang muduh, dengan dibuat jalan antar lintas negara bagian, tentara dapat di mobilisasi dengan cepat. Diusulkan oleh presiden Dwight D. Eisenhower, proyek ini menelan biaya $450 milyar dolar. Mulai di bangun 1977 dan baru selesai 1992 kemarin.

2. Proyek International Space Station (ISS) Yang Menelan Dana Sebesar $150 Milyar Dolar.

Proyek International Space Station (ISS) Yang Menelan Dana Sebesar $150 Milyar Dolar.

Proyek International Space Station (ISS) Yang Menelan Dana Sebesar $150 Milyar Dolar. Image [source]

Stasiun internasional luar angkasa merupakan proyek penelitian yang di sokong oleh banyak negara di dunia. negara yang berperan antara lain: jepang, amerika Serikat, rusia, perancis, Italia, Belgia, Norwegia, Spanyol dan masih banyak lagi. bagian utama dari ISS ini merupakan pesawat ulang alik dan roket milik Rusia. Kemudian modul modul bongkar pasang di tambahgkan di ISS tersebut. biaya total untuk mengembangkan ISS ini adalah sebesar $150 milyar dolar.

3. Proyek Pembangunan Ladang Pengeboran Minyak Kashagan Di Laut Kaspia Senilai $116 Milyar Dolar.

Proyek Pembangunan Ladang Pengeboran Minyak Kashagan Di Laut Kaspia Senilai $116 Milyar Dolar.

Proyek Pembangunan Ladang Pengeboran Minyak Kashagan Di Laut Kaspia Senilai $116 Milyar Dolar. Image [source]

Karena sangat berharga, perusahaan perusahaan minyak raksasa dari berbagai negara bekerja sama untuk mengambil cadangan mminyak yang ada di tengah tengah laut kaspia. Mulai dari Exxon, shell, Cina Petrolium dan perusahaan perusahaan minyak lain bekerja sama bantu membantu membuat ladang pengeboran minyak tangah laut ini. demi mengejar cadangan minyak raksasa tersebut perusahaan perusahaan multi nasional rela menggelontorkan dana sebesar $150 milyar dolar.

4. Kota Pusat Perekonomi Raja Abdulah Yang Menghabiskan Biaya $86 Miliar Dolar.

Kota Pusat Perekonomi Raja Abdulah Yang Menghabiskan Biaya $86 Miliar Dolar.

Kota Pusat Perekonomi Raja Abdulah Yang Menghabiskan Biaya $86 Miliar Dolar. Image [source]

Arab terkenal sebagai negara yang kaya minyak. Tak heran wilayah negara negara di arab banyak yang mengadakan proyek pembangunan bernilai besar. Setelah proyek menara burj khalifa yang di klaim sebagai bangunan ertinggi di dunia, Arab juga menjalankan proyek pembangunan kota pusar ekonomi berbiaya mahal yang dinamakan king abdullah economic city. Belum selesai di bangun dan diperkirakan bakal menghabiskan total biaya $86 milyar dolar, kota ini berjarak 1 jam dari kota Mekah. Rencananya di kota buatan ini bakal ada banyak hotel mewah, pusat hiburan, airport, vila mewah dan masih banyak lagi.

5. Dubailand, Proyek Berbiaya Sebesar $76 Milyar Dolar.

Dubailand, Proyek Berbiaya Sebesar $76 Milyar Dolar.

Dubailand, Proyek Berbiaya Sebesar $76 Milyar Dolar. Image [source]

Tak ingin kalah dari Disneyland, Dubai pun membuka pusat hiburan dan taman bermain megah bernama dubailand. Hiburan yang ada di Dubailand ini bertemakan cerita fiksi terkenal asal negeri Arab 1001 malam. Di mulai tahun 2008, sempat terhenti dan lanjut kembali tahun 2013 lalu, ketika selesai nanti di Dubailand ini bakal jadi daya tarik wisata yang enggak kalah dari disneyland di negara negara barat. Total biaya yang dikeluarkan sebesar $76 milyar dolar.(Jft/Iyakan.Com)

Category: 
Loading...