18 November 2019

Dua Diplomat China Ditembak Mati di Filipina

KONFRONTASI-Dua diplomat Cina ditembak mati dan seorang lainnya mengalami luka-luka dalam insiden di sebuah restoran di kota Cebu, Filipina.

Mereka yang ditembak mati adalah wakil konsul jenderal dan seorang diplomat di bagian ekonomi. Adapun yang mengalami luka-luka adalah Konjen Song Ronghua.

Menurut Kepala Kepolisian Cebu, Prudencio Tom Banas, Song Ronghua sedang menjalani perawatan di rumah sakit dan kondisinya stabil setelah peluru menembus lehernya.

Disebutkan bahwa aparat keamanan sudah menahan satu pasangan Cina, termasuk seorang perempuan yang dicurigai melepaskan tembakan.

"Kami menahan tersangka, seorang perempuan Cina, tetapi kami memerlukan penerjemah untuk mewawancarainya tentang apa yang sebenarnya terjadi," kata Banas.

Ditambahkannya motif pembunuhan masih dalam penyelidikan. Perempuan tersebut diketahui bekerja di Konsulat Jenderal Cina di Cebu.

Penembakan terjadi di Lighthouse, restoran populer yang menyajikan masakan Filipina. Satu ruang khusus disewa oleh rombongan diplomat Cina untuk merayakan ulang tahun Konjen Song Ronghua.

Beberapa pelayan restoran, kata manajer restoran, Stephen John Patero, mendengar para tamu saling berteriak sebelum terdengar serangkaian tembakan.

Sementara itu, juru bicara Kedutaan Besar Cina di Manila, Li Lingxiao, mengatakan iblum bisa memberikan keterangan sebab Kedutaan Besar sedang menggali fakta di lapangan.[MR/BBC]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...