14 December 2019

Donald Trump Bikin NATO Resah

KONFRONTASI-Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier menyatakan pernyataan Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump bahwa NATO sudah usang telah membangkitkan kekhawatiran 28 anggota pakta pertahanan itu.

Berbicara setelah bertemu dengan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg di Brussels, Frank-Walter Steinmeier menyebut pernyataan Trump itu bertolak belakang dengan pandangan calon Menteri Pertahanan James Mattis.

"Saya hari ini berbicara tidak hanya dengan para menteri luar negeri Uni Eropa tetapi juga dengan para menteri luar negeri NATO dan bisa melaporkan bahwa tidak ada peredaan ketegangan," kata Steinmeier mengenai isi wawancara Trump dengan Bild dan Times of London.

"Jelas pernyataan Presiden terpilih Trump bahwa dia menganggap NATO usang (ketinggalan zaman) adalah pandangan yang meresahkan," kata dia dalam laman Reuters.

Trump yang akan diambil sumpahnya sebagai Presiden AS Jumat pekan ini menyebut NATO sudah usang karena tidak bisa membela diri dari serangan teroris.

Trump juga mengaku sangat menghormati Kanselir Jerman Angela Merkel, tetapi dia mengkritik keputusan Merkel membiarkan banjir jutaan imigran sebagai bencana yang membuka pintu bagi serangan teroris.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry menyebut Trump tidak pantas mengomentari urusan dalam negeri negara lain.

"Dia harus berbicara soal itu karena Jumat ini dia bertanggung jawab terhadap hubungan itu," serang Kerry.[mr/ant]

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...