28 May 2017

Donald Trump Bawa Bencana Nyata

KONFRONTASI-Surat kabar terkemuka Amerika Serikat The Washington Post dalam kalimat pembuka tajuk rencana, Jumat (30/9) lalu, menulis judul "The Clear and Present Danger of Donald Trump" (Bahaya Nyata yang Dihadirkan Donald Trump).

The Post melanjutkan bahwa tajuk yang ditulis itu hanyalah awal dari serangkaian tulisan yang akan terbit hingga beberapa hari ke depan memaparkan potensi bahayanya kalau Trump menjadi presiden.

"Anda mungkin tidak setuju semua yang dikatakan Trump tentang senjata nuklir, penyiksaan atau deportasi massal, namun Anda ragu dia bisa menerapkan kebijakan yang terlalu radikal. Kongres, pengadilan, konstitusi, ini semua akan menjaga Trump tetap terkendali, pikir Anda," tulis The Post.

"Well, pikirkan lagi. Jika Trump menjadi presiden dia bisa secara sepihak mengubah negara ini hingga ke dasarnya. Dengan mengubah hubungan AS bersama negara-negara lain, dia juga bisa mengubah wajah dunia."

Suratkabar itu bahkan menambahkan ada banyak area di mana Trump tidak perlu bertindak secara sepihak, karena kalau dia menang Partai Republik kemungkinan besar juga akan menguasai Kongres.

Para pemimpin Partai Republik seperti Ketua DPR Paul D. Ryan dan Ketua Mayoritas Senat Mitch McConnell memang dalam banyak hal bersebrangan dengan Trump dan acap menkritiknya.

"Tapi kalau para pemimpin itu terlalu takut menentang Trump menjadi kandidat padahal tahu bahaya yang dia hadirkan, kenapa kita harus mengharapkan mereka untuk berdiri menghadapi 'tulang bully' itu ketika dia sudah sepenuhnya berkuasa?" tulis The Post.

Media tersebut juga mengingatkan bahwa kalau menjadi presiden Trump bisa menunjuk direktur anggaran, jaksa agung dan kepala Badan Pusat Intelijen (CIA = Central Intelligence Agency) yang akan memuluskan jalannya.

"Bisakah dia membubarkan perjanjian-perjanjian internasional yang telah berlaku lama? Mengumpulkan dan mengusir jutaan warga negara Amerika yang sudah lama berada di sini? Menerapkan tarif besar-besaran? Menyiksa tersangka teroris dengan teknik waterboard? Yes, yes, yes and yes," tulis The Post.

"Bisakah dia memperalat pemerintah untuk membantu bisnisnya dan, seperti ancaman dia, menghantam mereka yang dia anggap sebagai musuh? Ya, dia bisa."

The Post menambahkan tajuk rencana berikutnya akan lebih spesifik mengulas potensi bahaya Trump.

"Dalam tajuk-tajuk berikutnya, kami akan menelaah beberapa arena di mana Trump relatif cukup jelas dengan niatnya -- dan di mana kekuasaan presiden sangat luar biasa. Kami harap Anda akan membacanya sebelum memberikan suara."[mr/bst]

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



News Feed

loading...

Baca juga


Loading...