22 April 2018

AS Desak Putra Mahkota Saudi Akhiri Perang di Yaman

KONFRONTASI - Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis meminta Pangeran Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman untuk mencari solusi politik segera demi mengakhiri konflik selama tiga tahun yang menghancurkan negara tetangganya Yaman, dan telah merenggut nyawa ribuan orang serta merusak seluruh infrastruktur negara miskin itu.

Mattis dan bin Salman bertemu di Pentagon pada Kamis (22/3/2018) saat penguasa de facto kerajaan Arab Saudi itu sedang melakukan tur ke Amerika Serikat, yang dimulai awal pekan ini dengan kunjungan ke Gedung Putih.

"Sebagaimana Anda diskusikan dengan Presiden (Donald) Trump pada hari Selasa, kami juga harus menghidupkan kembali upaya-upaya mendesak untuk mencari resolusi damai terkait perang di Yaman, dan kami mendukung Anda dalam hal ini," kata menteri pertahanan AS kepada mitranya dari Saudi.

Di lain pihak, putera mahkota Arab Saudi yang berbicara melalui penerjemah mengatakan kepada Mattis bahwa kerjasama antara Pentagon dan Arab Saudi "sangat meningkat" selama beberapa waktu terakhir.

Pernyataan itu mengemuka dua hari setelah Senat AS menggagalkan usulan bipartisan untuk mengakhiri dukungan AS terhadap kampanye serangan udara Arab Saudi di Yaman.

Mattis telah melobi Kongres untuk menolak RUU tersebut, dan mengklaim bahwa pembatasan dapat meningkatkan korban sipil di Yaman, membahayakan apa yang disebut kerja sama kontra-terorisme antara Washington dan Riyadh, dan mengurangi pengaruh Washington di Saudi.[pars/ian]

Category: 

SCROLL KE BAWAH UNTUK MEMBACA BERITA LAINNYA


loading...

Related Terms



loading...

Baca juga


Loading...