14 November 2019

AS dan Israel Dicurigai Pelaku Serangan Tanker di Laut Oman, Klaim Iran Pelaku Penyerangan Tak Dapat Sambutan

KONFRONTASI - Meski sudah beberapa hari berlalu sejak insiden ledakan dua kapal tanker di Laut Oman, spekulasi-spekulasi terkait pelaku kejadian itu masih hangat dibicarakan.

AS dan para sekutu regionalnya, termasuk Israel dan Saudi, menuding Iran terlibat dalam serangan itu, tanpa menunjukkan bukti-bukti kuat. Meski demikian, dengan menelaah berita dari media-media, klaim mereka tidak begitu mendapat sambutan.

BacaPutra Mahkota Saudi Tuduh Iran Pelaku Serangan di Teluk Oman

Dalam tanggapan terbaru, sebuah sumber pemerintah Jepang pada Minggu (16/6) menyatakan, pihaknya tidak puas dengan penjelasan dan bukti yang diberikan AS terkait keterlibatan Iran pada insiden diserangnya tanker Jepang di Laut Oman.

Pada Jumat (14/6) lalu, kemenhan AS memublikasikan sebuah video yang diklaim merekam sebuah perahu militer Iran mengambil ranjau yang tak jadi meledak dari lambung kapal tanker. Kualitas video itu amat buruk, sementara waktu, tempat, dan identitas perahu serta penumpangnya juga tidak jelas. Meski demikian, Washington menganggapnya sebagai bukti keterlibatan Teheran.

Kepada Japan Times, sumber yang tak enggan namanya disebut itu mengatakan,”Pemerintah kami mencari bukti-bukti yang lebih kuat melalui berbagai kanal.”

Terkait tuduhan kemenlu AS kepada Iran, Japan Times menukil dari “sumber yang dekat dengan PM Shinzo Abe” bahwa video itu tidak membuktikan Iran sebagai dalang serangan. Dia menegaskan,”Bahkan jika AS mendukung video tersebut, kami tak bisa menerimanya begitu saja.”

Sebuah sumber anonim lain di kemenlu Jepang juga menyampaikan statemen menarik kepada Japan Times. Dia mengatakan,”Jika Iran dianggap sebagai pelaku hanya karena mereka memiliki spesialisasi dan skill yang diperlukan untuk operasi semacam itu, maka AS dan Israel juga bisa menjadi tertuduh.”

Salah satu kapal yang terbakar di Laut Oman adalah milik perusahaan Jepang. Sejauh ini, Tokyo belum mengeluarkan pernyataan terkait pelaku serangan tersebut. (jft/LiputanIslam)

Category: 

 GULIRKAN KE BAWAH UNTUK MELIHAT ARTIKEL LAINNYA  


Berita lainnya

loading...